Monday, February 6, 2017

Pizza Kompor

Pizza Kompor

Karena terkenang-kenang dengan pizza tipis yang kriuk dan aroma pizza yang dipanggang di tungku pizza, saya jadi kepikiran mencoba memanggang pizza di panggangan ikan kompor gas, yang disebut grill.
Sebenarnya produk kompor gas terbaru mempunyai fungsi api atas bawah yang praktis untuk memasak berbagai macam masakan, bukan hanya untuk memanggang ikan saja. Tapi karena kompor gas saya jadul, saya malas melirik cara masak ini. Tapi ya karena konon pizza krispi cuma bisa enak dimasak di tungku pizza, yah saya coba juga panggangan kompor, yang secara tehnik mungkin mendekati cara kerja tungku pizza.

Setelah mengubek jagat resep pizza kompor, ketemulah resep berikut. Mudah, cepat, bahkan disertakan resep saus pizza-nya sekalian. Biasanya saya memanggang pizza di oven, yang memanaskan hingga mencapai suhu 250 derajat membutuhkan 11 menit, kini dengan waktu yang sama, pizza sudah terhidang!

Berikut resep andalan yang saya catut dari sini

Penampilan Pizza Kompor, saya suka
bagian pinngirnya agak gosong kena api langsung

Resep Pizza Kompor (4 lembar diameter 18 cm)

Bahan Kulit/Crust Pizza

175 gr Tepung protein tinggi
75 gr Tepung protein rendah
9 gr Gula pasir
4 gr Ragi Instant
3 gr Garam
150 ml Air hangat (jika musim panas atau suhu di atas 20 derajat gunakan air dingin)
11/2 sdm Minyak Zaitun

Topping sesuai selera (saya cukup Pizza Sauce dan Keju Mozarella, plus taburan oregano atau basil kering)



Cara Membuat

1. Larutkan gula dan ragi instant kedalam air, aduk hingga berbusa
2. Tuangkan ke dalam tepung dan garam, aduk, lalu uleni hingga menyatu
3. Tambahkan minyak zaitun, lalu uleni hingga kalis
4. Bulatkan adonan, taruh dalam mangkuk yang sudah diolesi sedikit minyak, tutup dengan serbet basah dan diamkan hingga mengembang 2 kali lipat.
5. Langkah 1-4 bisa menggunakan bread maker, pilih menu membuat adonan pizza.
6. Kempeskan adonan, potong menjadi 4 bagian, bulatkan lalu tutup dengan serbet basah, diamkan 5 mnit.
7. Tipiskan adonan hingga diameter 18 cm
8. Nyalakan panggangan ikan di kompor, taruh kulit pizza diatas alumunium foil yang sudah diolesi sedikit minyak zaitun, panggang sampai agak kecoklatan (sekitar 1 menit)
9. Balik kulit pizza, tata topping dan panggang kembali sampai keju meleleh dan pinggiran pizza menggembung kecoklatan. Siap disajikan.


Saus Pizza

Bahan

3 siung Bawang Putih
200 gr tomat kalengan
Garam, Lada dan oregano secukupnya
Minyak Zaitun untuk menumis

Cara Membuat

1. Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih hingga harum
2. Tambahkan tomat kalengan, aduk hingga mendidih
3. Bubuhi garam, lada, dan oregano secukupnya


Pizza untuk bekal sekolah anak,
menggunakan adonan yang selalu siap di freezer, praktis! 

Biasanya saya membuat 2 kali resep untuk 8 buah pizza. Adonan pizza yang sudah dibulatkan satu persatu bisa dibungkus plastik dan dibekukan untuk digunakan kemudian. Atau kulit pizza dipanggang kedua sisinya hingga kecokelatan, baru kemudian dibungkus plastik dan dibekukan. Ketika ingin dipanggang cukup diamkan adonan atau kulit pizza hingga mencapai suhu ruangan dan siap di panggang.


Selamat Mencoba!



9 comments:

  1. Kayaknya gampang. Apalagi kalau bisa nyetok kayak gini. Bisa buat bekal sekolah anak.
    Saya selalu ragu kalau mau bikin pizza. Takut kulit pizza nggak enak atau gimana. Ijin saya simpen resepnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang, Mak. Dimasak di teflon juga bisa, karena tipis jadi cepat mateng. Silakan dan makasih udah mampir :)

      Delete
  2. Salam kenal mbak Eto, mau tanya ini brrti pizzanya di balik ya pas masak? Tipenya kriuk ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mbak Fenda, iya pertama dipanggang kosongan dulu, dibalik baru dikasih topping dipanggang lagi. Iya kriyuk, cuma masaknya cepet musti dipantengin terus, kalo gak gosong hihihi

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wah anaknya pasti seneng ya punya ibu yang suka masak. Suka ada cemilan sehat slalu di rumah. Klo saya masih belajar masaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pas ibu masak yang disuka seneng siy, tapi gak semua masakan ibunya suka. Sama-sama belajar yuuuuk :)

      Delete
  5. Dulu aku suka bikin pizza sendiri, tapi kemudian lupa semua! Hahahhaa... Jadi mau bikin lagi pakai resep ini, sepertinya rotinya empuk sekali ya

    ReplyDelete
  6. wahh pizza bikinan sendiri terlihat sangat enak..

    ReplyDelete